contoh gambar klakson |
Pada rubrik sejarah kali ini kita
akan mengupas mengenai sejarah klakson. Siapa yang tidak mengenal
klakson? Klakson adalah komponen yang ada di setiap produk otomotif.
Secara morfologis, klakson berasal dari kata Yunani kuno yaitu klazo
yang berarti menjerit. Sebutan klakson dapat berbeda di setiap negara.
Di Rumania dan Belgia disebut claxon, sedangkan di Perancis disebut
dengan nama Klaxon.
Klakson pertama kali ditemukan oleh Miller Reese Hutchinson, yang
masih mempunyai hubungan saudara dengan Thomas Alfa Edison. Pertama
kali klakson diaplikasikan pada sebuah mobil yaitu pada tahun 1908.
Sumber tenaga dari klakson tersebut berasal dari sel baterai kering
berdaya 6 volt . Pada tahun 1911 untuk pertama kalinya diperkenalkan
arus listrik yang dapat diisi ulang menggunakan media sebuah baterai.
Klakson diciptakan sebagai tanda peringatan terhadap kendaraan lain dan
sebagai alat identifikasi bagi orang/pihak lain untuk mengetahui
kehadiran sebuah kendaraan. Tingkat kekerasan suara (loudness)
setiap kendaraan berbeda, disesuaikan dengan besar kecilnya dimensi
kendaraan. Kendaraan yang memiliki ukuran kecil, bunyi klakson akan
kecil pula, sedangkan kendaraan yang memiliki bentuk yang besar akan
memiliki bunyi klakson yang keras. kalau pada bus sudah ngerti kan ciri
khas bunyi klaksonya "TOLELOT'' :D meski itu bukan standart bunyi klakson
pada bus.
Sebuah klakson mobil dapat terdengar sebagai sebuah tanda. Banyak mobil
mewah memiliki klakson yang terdengar halus sementara klakson pada
kendaraan mobil ekonomi yang lebih tua mungkin terdengar cengeng. Hal
ini juga dilakukan untuk membuat kendaraan lebih diidentifikasi kepada
orang lain. Setiap moda transportasi memiliki ciri khas bunyi klakson
masing-masing. Sebagai contoh, klakson pada kereta api tentu akan
berbeda dengan klakson yang ada pada sebuah kapal laut maupun sebuah
bus.
Untuk menghasilkan suara ketika klakson ditekan, elektromagnet digunakan
untuk menyebabkan diafragma baja untuk bergerak. Getaran pada
electromagnet dari diafragma bergerak menuju magnet. Ketika diafragma
tersebut akan dipindahkan ke titik maksimum menuju magnet, koneksi
dilepaskan, setalah diafragma sampai ke magnet,kemudian digunakan baja
untuk memantulkan kembali geratan diafrgama dari elktromagnet. Siklus
ini berulang merata dan menyebabkan diafragma untuk memutar bolak-balik
menghasilkan suara klakson.
Nah jika artikel ini menarik silahkan like, komentar atau bagikan :)
0 komentar:
Posting Komentar